Kamis, 24 Januari 2013

Enam Jurus untuk Mengetes Apakah Dia Teman Sejati Anda

David J. Lieberman (2000) dalam bukunya yang berjudul, Get Anyone to Do Anything: Never Feel Powerless-with Psychological Secrets to Control and Influence Every Situation, memperkenalkan enam jurus untuk mengetes apakah teman yang Anda punya itu teman sejati atau bukan. Mari dengan khusyuk kita perhatikan jurus-jurusnya.



Jurus pertama adalah Perhatian

Perhatian merupakan salah satu cara untuk mengetes seberapa besar perhatian dia terhadap kehidupan anda. Bagaimana caranya? Kemukakanlah suatu hal penting yg terjadi dalam hidup anda misalnya, Anda mau melaksanakan resepsi pernikahan. Kemudian lihatlah, apakah dia merespon dan mencari tahu lebih jauh tentang hal itu?

Teman sejati akan merasakan emosi yang sama dengan Anda. Dengan kata lain, dia punya empati terhadap Anda. Seorang teman sejati akan berusaha datang pada resepsi pernikahan itu, karena moment itu merupakan hal yang penting dalam kehidupan seseorang. Jika dia tidak bisa datang pada acara itu, dia akan menelpon atau mengirim sms untuk menyampaikan ucapan selamat kepada Anda karena dapat memasuki hidup baru. Sekaligus, dia meminta maaf atas ketidakhadirannya. Pada saat jumpa dengan Anda, dia langsung mengungkit kembali tentang ketidakhadirannya di resepsi pernikahan itu. Apalagi jaman sekarang yang sudah ada handphone, facebook, dan juga twitter. Lihat saja, apakah dia merespon positif status update yang anda buat? Demikian halnya jika Anda terkena musibah dan dia mengetahuinya, coba perhatikan apa responnya?


Jurus kedua adalah Kesetiaan

Coba perhatikan responnya, ketika Anda menceritakan masalah pribadi salah seorang teman dekat anda yang tidak ada sangkut paut masalahnya dengan diri Anda. Teman sejati pasti keberatan dengan yang Anda lakukan itu. Dia tidak suka kalau Anda membuka aib orang apalagi orang itu merupakan teman dekat Anda sendiri. Jadi, masalah kesetiaan bagi seorang teman sejati bukan hanya meminta Anda menjaga kuat-kuat masalah pribadinya tapi juga masalah teman-teman dekat Anda yang lainnya.

Jurus ketiga adalah Kebanggaan
Coba lihatlah respon teman Anda apakah dia turut memberi ucapan selamat pada saat Anda melewati suatu keberhasilan. Seorang teman sejati akan merasa bangga dan menyampaikan kebanggaannya itu ketika Anda meraih suatu kesuksesan. Tentu ini merupakan ekspresi yang tulus bukan dibuat-buat.

Jurus keempat adalah Penghargaan

Coba lihat tingkah lakunya pada saat Anda mengatakan bahwa ada sesuatu yang membahagiakan Anda tetapi Anda lebih suka untuk tidak membicarakannya saat itu. Apakah dia mendesak Anda untuk bercerita?

Teman sejati menghargai sikap Anda untuk tidak membicarakan sesuatu yang membahagiakan Anda itu karena Anda memang tidak ingin menceritakannya, tetapi jika dia terus mendesak Anda untuk bercerita berarti dia tidak masuk kategori teman sejati.

Jurus kelima adalah Kejujuran

Teman sejati mau mengatakan apa adanya tentang hal-hal yang mungkin Anda tidak ingin mendengarnya tentang diri Anda. Dia tetap punya penilaian yang objektif terhadap Anda. Dia mau berterus terang jika diminta pendapatnya meskipun dia menyadari akan dijauhi Anda bahkan dia rela dibenci. Semata-mata, yang dia lakukan adalah demi kebaikan Anda sendiri.

Jurus keenam adalah Pengorbanan

Sudah barang tentu teman sejati akan bersedia memberi bantuannya pada saat Anda dalam situasi beresiko tinggi. Dia tidak akan lari atau pergi untuk melindungi kepentingannya sendiri. Cobalah lihat sikapnya ketika Anda sedang merasakan kesulitan dan perlu bantuan!

Demikianlah, enam jurus yang bisa diterapkan untuk menilai apakah teman yang Anda miliki benar-benar teman sejati. Jika dia memiliki nilai yang bagus dalam enam aspek tersebut berarti dia layak menjadi teman sejati Anda.

Tetapi ingat, teman anda juga barangkali menerapkan jurus yang sama kepada Anda untuk menilai apakah Anda benar-benar teman sejati bagi dirinya. Silahkan coba untuk saling tes-mengetes. He…he….he….

Tidak ada komentar: