Kamis, 27 Desember 2012

Suka Minuman Beralkohol? Makanlah Asparagus Dulu Biar Tak Mabuk!

Tak terasa, tahun akan segera berganti beberapa hari lagi. Saat-saat pergantian tahun biasanya dihabiskan dengan ragam kegiatan, salah satunya adalah berpesta.

Ragam minuman beralkohol pun sudah siap menanti Anda. Terlalu banyak mengonsumsinya, Anda pun dilanda mabuk berat.

Untuk menghindarinya, sebelum berpesta isi perut Anda dengan masakan berasparagus. Mengapa demikian?

Dalam riset yang dipublikasikan di Journal of Food Science, para peneliti dari Jeju University, Korea Selatan, mengungkap mineral dan asam amino dalam asparagus dapat mengurangi efek mabuk dan melindungi hati Anda dari racun atau zat-zat oxidative yang masuk lewat alkohol.

"Toksitasi seluler secara signifikan berkurang setelah diberi ekstrak daun dan tunas asparagus. Ini membuktikan fungsi biologis Asparagus dapat melindungi sel di hati dan mengurangi efek mabuk dari alkohol, " ujar B.Y. Kim, peneliti utama riset tersebut, seperti yang dikutip TRIBUNnews.com dari MedicalDaily.com.

Disebutkan dalam riset tersebut, bagian asparagus yang paling berkhasiat adalah dedaunannya karena kadar asam aminonya lebih tinggi dibandingkan bagian lainnya.

Asparagus memang sudah dikenal reputasinya sebagai tanaman obat. Tanaman ini diyakini dapat memerangi sel kanker di tubuh, membunuh jamur, menyembuhkan peradangan dan bekerja sebagai diuretik. (Daniel Ngantung)

Tidak ada komentar: