Jumat, 29 Juni 2012

Jadi BATMAN lagi


             Kedap-kedip dari tadi malam, mataku gak bisa terpejam,OH My god, insomniaku kumat, kalau di diagnosa mungkin insomniaku uda stadium 4, 5, bahkan bisa 7, emang ada ?? ngaur aja kan bukan jurusan kedokteran! asalkan gak fonis mati aja :) . ada yang bilang kalau gak bisa tidur sampek pagi, insomnianya udah stadium akhir….oh no sebegitu parahnya penyakitku sampai aku difonis seperti ini?? some body help me ane masih ingin tidur nyenyaaaaaaaaaa…k seperti temenku disamping ane ini, nyenyak banget …oh enakanya ya rasanya… tidur sambil pegangan pohon..hahahahah…padahal gak ada gempa ya ?? dasar orang yang aneh!
hayoo..megang apaan??..hahahahahha, kalau tidur tidur aja lo

jadi BATMAN lagi dan lagi…
Entah sampai kapan penyakitku ini akan sembuh, jelasnya saya gak tau kenapa kena penyakit yang mengingkari anugrah tidur ini, dari refrensi yang saya baca, ada beberapa penyakit dapat menyebabkan insomnia, yaitu Parkinson, sesak nafas, flu, hipertiroid, hipotiroid, hipoglikemi, batuk, gangguan fungsi hepar, gangguan fungsi ginjal, gagal jantung, pikun, hipertensi, dan beberapa penyakit lain. Nyeri kronik akibat rematik, menopausal, kolik, neuralgia, kanker juga dapat menyebabkan insomnia.kalau yang terahir mungkin iya KANKER (kantong kering :) mikir uang hahaha)tapi herannya kalau sudah menginjak pagi mataku perlahan-lahan meredup, lelah, dan akhirnya tertidur…seperti kena hipnotis uya-kuya yang di SCTV itu lo,..apa takut matahari kali ya?? kayak vampir aja, vampir apa BATMAN?? pilih BATMAN aja deh lebih kreeen dan gelar ini juga aku dapatkan dari sahabatku yang jauhhh disana..gak begitu jauh sih..kalau jalan kaki kira 3 bulananan lah :) ,
Mataku sudah mulai memerah,ini pertanda sih ane uda ngntuk, akhirnya datang juga…

           Sekarang sudah pagi, waktunya BATMAN tidur, entar bangunnya kira2 jam 11-an, kalau ada yang perlu  harap pengertiannya ya jangan dateng sebelum jam 11 ane masih ngobatin penyakit kronis ini…maap lagi sakit :) .kalau dateng sebelum jam segitu maap-maap aje ye. lempar pake bata entar !
mungkin aku harus nyoba apa yang di aku temukan cara-cara menghentikan penyakit ini, ini ane dapat dari http://piogama.ugm.ac.id/index.php/2010/04/tidak-bisa-tidur-insomnia/. yang dimbil dari sumber WHO (word health Organization)
Penyembuhan insomnia akan lebih efektif apabila penyebab insomnia diatasi terlebih dahulu.  Ada 12 aturan tidur yang sehat (menurut WHO):
  1. Berbaring di tempat tidur ketika benar-benar ingin tidur. Tetapi usahakan pada waktu yang sama ketika akan pergi tidur.
  2. Jangan menggunakan ranjang untuk aktivitas lain selain untuk tidur. Aktivitas lain seperti membaca, nonton TV, makan, telepon. Kebiasaan menggunakan ranjang untuk aktivitas lain membuat kebiasaan untuk terjaga ketika berbaring di ranjang.
  3. Pasang alarm untuk bangun pada waktu yang sama. Tanpa memandang lama waku tidur malam.
  4. Usahakan untuk tidak tidur siang.
  5. Jangan minum alkohol beberapa jam sebelum tidur. Alkohol dapat membuat tidur gelisah.
  6. Jangan mengkonsumsi kafein atau obat mengandung kafein beberapa jam sebelum waktu tidur. Karena kafein sebagai stimulan, dapat meningkatkan denyut jantung sehingga tubuh dapat terjaga sepanjang malam.
  7. Jangan merokok beberapa jam sebelum tidur. Rokok mengandung nikotin yang dapat meningkatkan semangat karena berefek sebagai neurostimulan.
  8. Olahraga pada sore hari (6 jam sebelum tidur). Latihan peregangan otot atau jalan kaki secukupnya selama 20 menit. Hal ini akan meningkatkan metabolisme dan suhu badan, lalu akan menurun  sekitar 6 jam kemudian yang berefek pada tidur yang nyenyak.
  9. Sediakan waktu transisi untuk tidur degan mengurangi tingkat aktivitas sebelum tidur, hilangkan rasa cemas akan pekerjaan yang belum selesai, hari esok dan pikiran lainnya. Melakukan akivitas dengan tenang dan santai.
    10.  Membersihkan diri sebelum tidur, memastikan pintu tela terkunci, dan menyesuaikan pencahayaan
           lampu, supaya merasa aman dan nyaman pada saat tidur.
   11.  Memastikan tidak ada cahaya terang atau suara yang dapat mengganggu dan pastikan suhu ruang
           tidur nyaman.
    12.  Keadaan lapar atau setelah makan banyak dapat menghambat tidur. Bagaimanapun jika merasa lapar
           sebaiknya makan makanan kecil atau minum segelas susu hangat sangat tepat untuk mengatasi
           masalah ini.

Semoga memberi kesembuhan padaku Amiin

Tidak ada komentar: